Ubuntu 9.04 fever

Posted: May 8, 2009 in Techno
Tags: , , , , , , , , ,

Belakangan ini saya sedang dilanda sebuah demam, demam yang sangat menyenangkan tentunya, karena saya seolah mendapat sebuah maenan baru dalam pembelajaran mengenai dunia saya.
Ubuntu memang bukan hal baru buat saya dan juga orang lain tentunya, tapi yang membuat ubuntu 9.04 ini membuat saya demam adalah, karena connectivity yang disediakan olehnya,yaitu dengan langsung terbacanya wifi yg terpasang dilaptop saya. dan itu yang paling penting menurut saya. karena ketika tahun kemaren saya berubuntu ria, saya tidak bisa ngapa2-in, gak bisa ngupdate apa2. jadi males banged.
Tapi sekarang berbeda setelah melalui instalasi yang sangat mudah akhirnya saya dapat mengupdate segalanya. dan ini yang membuat saya makin cinta ma ubuntu, selain saya makin semangat belajar tentang nih os saya juga mulai menumbuhkan semangat go opensourcenya pak depkominfo, oke terlambat memang, tapi lebih baik telat daripada tidak sama sekali bukan?. hehehe..
oke. mari kia lanjutkan, sebenernya ubuntu yang asli ubuuntunya itu sangatlah tidak menyenangkan :p . oleh karena itu saya mencari dan mencari terus hal-hal yang dapat saya jadikan triger untuk menarik saya pada ubuntu (selain wifi tentunya). oleh karena itu saya mulai berjalan  ke pusat hotspot dikampus saya tercinta, UPINET.

Walaupun menggunakan akun teman tp saya yakin teman ini dapet berkah dari allah, karena akunnya saya pergunakan untuk belajar..hehehe, setelah saya mencari-cari dengan bantuan om google akhirnya saya menemukan yang dapat membuat semua orang jatuh cinta padanya, dan dijamin meninggalkan os yg berbayar dari mikocok a.k.a microsoft.. ini dia yang list yang saya software yang saya install di linux.

1. melihat di add/remove software2 yang lucu trus update dah.. disini anda akan menemukan bagaimana caranya agar dapat memutar musik dan video, juga dapat menemukan software2 unik lainnya.dan karena saya terhubung ke internet, maka si ubuntu otomatis langsung mengingatkan the last updatenya.

2. lalu saya mencari font-font yang unik2, karena gak ada di add/remove. lalu saya buka terminal dan menuliskan
sudo mkdir -p /usr/lib/X11/fonts/Type1 && sudo apt-get install msttcorefonts && sudo apt-get install ttf-larabie-straight ttf-larabie-deco mplayer-fonts xfonts-terminus-dos xfonts-terminus xfonts-terminus-oblique xfonts-mona tv-fonts ttf-tuffy ttf-sjfonts ttf-sil-padauk ttf-sil-ezra ttf-paktype ttf-georgewilliams ttf-fifthhorseman-dkg-handwriting ttf-farsiweb ttf-essays1743 ttf-opensymbol ttf-nafees ttf-mgopen ttf-gentium ttf-freefont ttf-dustin ttf-devanagari-fonts ttf-dejavu-extra ttf-dejavu-core ttf-dejavu ttf-bpg-georgian-fonts ttf-bitstream-vera ttf-alee tapi kalo kamu gak merasa ini penting gak usah juga gak apa-apa seh.

3. ini yang paling saya seneng.. yang tidak ada di windows, kalo adapun pasti membutuhkan spek kompie yang tinggi, tapi di linux, laptop jadul saya bisa menjalankannya…hehehe, apakah itu? itu adalah COMPIZ FUISON!!. gini cara install lewat terminal
sudo apt-get install simple-ccsm
kalo mau edit efek masuk aja ke system-preference-compiz setting manager. setelah anda mengedit segalanya maka inilah yang akan anda dapatkan

4. dan ini neh yang super duper yakinin gw baut pindah os, yaitu crossover. crossover adalah software yang dapat menjalankan program2 windows di linux. sepeti photosop, ms.office 2007, coreldraw, dan bahkan games2 windowspun pun bisa dijalannkan di linux ini seperti World of Warcraft dan Counter strike dll.. hehe neh linknya gan…
http://rapidshare.com/files/161545171/CrossOver_Linux_Pro_7.1.0.rar
neh buat yang crossover games
http://www.4shared.com/file/76464738/83e553c3/install-crossover-games-712.html
cara installnya gampang tinggal simpen applikasi nya di home folder trus ketik ini di terminal
sh "nama file installer".sh
5. dan yang terakhir saya install kmaren adalah thema2 yang gokil2 yang tersedia banyak di internet..hehe.

udah gan, baru itu yang ane install dalam 2 hari ini, nanti kalo ane ada yg install lagi ane share disini gan.. stay tune yah..hehe

Leave a comment