Blogger Indonesia “bekerja” Untuk AS [WikiLeaks Document]

Posted: January 24, 2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , , , , ,

HAH?! itu kata pertama yang terlontar secara tak sengaja ketika saya membaca berita tentang strategi pemerintah amerika serikat dalam memanfaatkan social media untuk memuluskan kepentingan mereka di indonesia. dalam berita itu disebutkan bahwa strategi itu dinamakan public diplomacy 2.0 Artinya, internet dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyebar pengaruh AS dan mengamankan kepentingan AS di negara tujuan. Mereka memilih strategi ini karena pertumbuhan social media di Indonesia sangat cepat.

Hal ini terungkap dalam sebuah kawat pada 12 Februari 2010 silam dari Kedubes AS Jakarta, kepada pejabat Kemlu AS bernama Jared Cohen. Seperti dilansir Guardian, Rabu (19/1/2011), kawat itu mengungkap strategi AS untuk memanfaatkan social media di Indonesia untuk kepentingan AS.

Kawat dengan kode referensi Jakarta 0065 ini adalah laporan kepada Kemlu AS, bahwa Kedubes AS Jakarta berhasil menjalankan Public Diplomacy 2.0. “Kedubes AS di Indonesia adalah yang terdepan dalam Public Diplomacy 2.0. Dengan lebih dari 50.000 fans (di akun Facebook Kedubes AS), paling banyak dari Kedubes AS lain di seluruh dunia, dengan menggunakan social media di Indonesia,” demikian pernyataan mereka.

“Melibatkan para blogger lokal untuk mempromosikan pesan-pesan dan informasi AS. Kami memposisikan diri dengan unik untuk menggunakan alat-alat ini untuk memperkuat tema-tema dan topik-topik kunci  untuk mendukung mendorong rencana kunjungan Presiden Obama,” kata mereka.

Para blogger ini sudah dilibatkan dalam dua tahun terakhir. “Selama dua tahun terakhir, terlibat secara positif dengan ribuan blogger paling berpengaruh di negara ini (Indonesia),” imbuh mereka.

Tidak hanya blogger, social media lain pun dimanfaatkan untuk media propaganda. Yang disebutkan mereka adalah Twitter, Facebook dan Youtube.

“Kedubes AS yang terdepan di Facebook dengan 50.000 fans, 300 video di channel YouTube milik kita sendiri dan hampir 1.000 follower di Twitter,” demikian kawat diplomatik tersebut.

berita diatas saya copy dari detik.com saya tidak tahu apakah ini  benar atau pun tidak, lalu saya coba mengikuti diskusi di forum detik yang membahas mengenai berita ini.

dalam diskusi itu ada yang pro juga kontra mengenai berita diatas.. ada beberapa anggota forum yg mengidentifikasi bahwa bloger-bloger yang “bekerja” untuk amerika adalah blog-blog yang mempunyai ide mengenai HAM,pluralisme,humanisme,nasionalisme,kesetaraan gender yang ujung-ujungna akan Amerika-Isme.

lalu ada juga yang menyatakan bahwa siapa yang mencuci otak dan menyebar kebencian sekarang telah terkonfirmasi siapa dalang di belakangnya.

dan berbagai komentar lain yang bersifat pro dan kontra. hehe

lalu saya tiba – tiba terfikir siapa aja seh bloger berpengaruh yang “bekerja” untuk amerika? hehe.. apakah bapak blogger kita (ndorokakung)  ikut? hehe cuma pertanyaan iseng..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s