Jaringan Komputer

Posted: November 12, 2008 in Kuliah
Tags: , , , , , ,

besok mau uts neh… nah kan otomatis belajar tuh…dan saya ingat materi yang minggu lalu belum saya posting..here they are

*NetID dan HostID

secara umum sebuah alamat ip tersusun atas 32 bit (=4 byte) yng mendefinisikan sebuah host ke jaringan. dalam hal ini, terdapat dua macam identitas yaitu :NetID (yang mengidentifikasi jaringan) dan HostID (yang mengindentifikasi sebuah host–station– ke jaringan). panjang alamat ip akan menentukan NetID. sedangkan HostID bervariasi tergantung pada ukuran panjang kelas.

contoh :diketahui sebuah ip address a.127.12.21.0 dan b.156.57.0.0 serta c.201.167.20.22 maka dapat diketahui bahwa NetID dan HostId-nya yang a adalah 127(NetID) dan sisanya HostID yang b adalah 156.57(NetID) dan sisanya HostID serta yang c adalah 201.167.20(NetID) dan sisanya HostID. dapat anda lihat panjangnya HostID sangat bergantung di kelas mana ip address tersebut berada, untuk kelas a host id dimulai pada byte ke-2 ip,pada kelas b dimulai pada byte ke-3 dan dikelas c dimulai pada byte ke-4.

*Network Address

alamat jaringan(Network Address) mengidentifikasikan jaringan untuk pemberhentian dalam internet. alamat jaringan merupakan alamat pertama didalam blok. jika diketahui alamat jaringan maka akan dapat diketahui alamat lainya seperti : kelas,blok(NetID) dan range alamat dalam blok. contohnya adalah jika diketahui sebuah alamat jaringan 199.35.18.0 tentukan kelas,blok dan range nya? jawabannya adalah alamat diatas berada di kelas A dengan Blok 199.35.18 dan range nya adalah199.35.18.0 sampai 199.255.255.255 CMIIW Please.

* Mask

apabila diberikan sebuah alamat, bagaimanakah mengetahui alamat jaringannya (bagian awal alamat dalam blok )? untuk menjawab pertanyaan ini diperlukan apa yang disebut mask. mask dapat digunakan untuk menemkan informasi berikut : yaitu 32 bit bilangan biner (alamat) dan dengan menerapkan operator logika END pada mask dan alamat awal dalam blok, yaitu alamat jaringan (network address). mask memliki nilai default, jika pengalamatan yang digunakan adalah secara classfull., maka akan menjadi default mask untuk kelas A,B dan C. untuk masing-msing kelas. bit biner 1 akan tetap mengadi NetID dan bit biner mengubah HostID menjadi 0. sebagai contoh jika diberikan alamat 23.56.7.91 maka dengan menerapkan defaukt mask dapat dicari alamat awal blok, yaitu menunjukkan alamat jaringan.

mask yang dihunakan adalah untuk kelas A. da akan diperolah alamat jaringannya, yaitu 23.0.0.0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s