Musim2 paling ramah

Posted: September 23, 2008 in Uncategorized

tadi baca blog kantor(kazoku.red),lagi nulis musim-musim yang ada di jepang,setelah ditelaah dengan seksama saya kok jadi malah bersyukur saiah tinggal di indonesia ini,kalo menurut saiah musim yang paling manusiawi ya cuma ada di indonesia,nggak taw kenapa saiah jadi membandingkan musim-musim yang ada di dunia ini :

di jepang (kazoku say):

Musim Semi dimulai sekitar bulan Maret, dan orang Jepang pada gembira karena hari2 dingin dan tidak bersahabat telah berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup2 bunga pohon plum (梅, ume). Setelah bunga pohon plum berakhir, muncul kuncup2 bunga paling terkenal di Jepang, bunga Sakura (桜). Musim Semi juga merupakan musim awal dari sekolah, kerja, pembukuan dll. Misal tahun ajaran baru sekolah di Jepang, dimulai tanggal 1 April, demikian juga pembukuan perusahaan dll.

Musim Panas diawali dengan musim hujan sekitar seminggu yang disebut Tsuyu (梅 雨). Musim Panas di Jepang bisa mencapai suhu maximum 35 derajat Celcius, dengan kelembapan lebih dari 90 persen. Bisa dibayangkan kayak sauna. Meski kita duduk diam nggak bergerak, dah mandi keringat. Musim Panas dimulai sekitar bulan Juni ditandai dengan hijau pohon2 dan ribut nyanyian serangga yang bernama Semi. Sekolah di Jepang memberi libur Musim Panas sekitar sebulan. Salah satu aktivitas yang disukai kaum muda Jepang di Musim Panas adalah main2 ke pantai dan laut. Meski di tiap musim juga diadakan festival, Musim Panas adalah musim dengan jumlah festival terbanyak dan tersemarak. Di seluruh kepulauan Jepang diadakan berbagai macam festival dan kembang api.

Musim Gugur, ditandai dengan mulai rontoknya daun2 di pohon2, dan berakhirnya hari panas dan lembab. Berawal sekitar bulan September, musim ini terkenal dengan daun yang berubah warna jadi kuning, merah, oranye, dan disebut Momiji (紅葉). Para binatang liar seperti beruang, pada mengumpulkan persediaan makanan untuk ditimbun selama mereka tidur jangka lama di Musim Dingin. Hari2 kelabu di Musim Gugur ini sering buat hati jadi romantis….

Musim Dingin, ditandai dengan turunnya butir2 salju pertama di awal Desember. Di jaman dulu, Musim Dingin ini adalah musim yang paling berat, dan mungkin paling banyak menelan korban jiwa karena ganasnya cobaan alam dengan hawa dingin dan badai salju. Di beberapa daerah seperti Hokkaido di utara, suhu udara bisa mencapai minus 20 derajat Celcius. Di musim dingin, orang2 Jepang banyak yang maen ski dan snowboard, juga es skating. Juga Onsen (hot spring, mandi kum2 air panas), terasa paling nyaman di musim ini, apalagi kum2 di luar waktu salju turun, bener2 terasa di surga….
musim di amerika :
Musim panas (summer)
Langit biasanya sangat biru, matahari terik, dan banyak orang yang kulitnya kebakar (terutama orang bule: kulit putih tidak mengandung cukup melanin untuk melindungi dari sinar UV). Tapi meskipun matahari terik, biasanya angin masih dingin (sekitar 20 C). Orang-orang tidak hanya berjemur di pantai. Di sekolah juga pada berjemur di rumput, di pinggir jalan, di bangku, di mana-mana, terutama orang bule. Dress code: pakaian renang, celana pendek, baju tanpa lengan, dll (terutama untuk orang bule).

pada musim semi di amerika, tunas tanaman bermunculan dari dalam tanah. Para pecinta tanaman mulai membersihkan kebunnya sambil menunggu kuncup-kuncup itu berbunga. Sebagian dari mereka juga menanam tumbuhan baru yang diharapkan tumbuh pada musim panas sekitar Juli-Agustus

Musim gugur (autumn)
Pada bulan September, pemanas-pemanas di dorm mulai dinyalakan karena suhu semakin mendingin. Daun-daun mulai berwarna kuning dan merah dan rontok. Biasanya disebut sebagai musim yg paling indah, selain musim semi. Dress code: Orang-orang mulai memakai jaket dan sweater.

Musim dingin (winter)
Biasanya selain pamanas dinyalakan, jendela-jendela ditutup, supaya udara panas ga keluar kamar / asrama. Di sini cukup dingin dan bisa mencapai titik beku ketika malam. Di Stanford dan sekitarnya ga ada salju. Salju cuma untuk tempat2 yang dinginnya -10 C dan lebih dingin, dan di sini ga pernah sedingin itu. Dress code: jaket, sweater, kadang-kadang didobel. Sarung tangan untuk malam hari karena kalau ga tangannya beku kalau bersepeda.

Musim Di afrika :

kemaren kan ada saudara saiah yang kebetulan dia kuliah S1 dan S2 di arabsaudi dan kebetulan kalo ada waktu senggang dia suka jalan-jalan ke afrika..dia bilang, di afrika itu cuma ada dua musim

1. musim panas

2. musim panas bangeeeeeeetsd

hehe udah jelaskan?@!musim di afrika sana

Di Indonesia tercinta :

Musim panas di indonesia suhunya rata-rata berkisar 20-25derajat Celcius dan merupakan musim panas yang humid kalo di gambarkan musim panas di indonesia tuh kalo kita ada di bawah pohon yang rindang kita akan merasa adem apalagi ketika angin bertiup kita jadi suka ngomong “adem benerrrrr!!” Tapi kalau di Jepang dengan muism panas itu, bernaung di bawah bayangan tak banyak mengurangi rasa gerah. Kelembaban udara sangat tinggi, sehingga keringat tak cepat menguap. Akibatnya, permukaan kulit jadi terasa lengket dan menambah rasa tak nyaman.tuh kan beruntung kita tinggal di indonesia tak harus bermandikan keringat kecuali buat yang jarang mandi..hehehe

musim hujan nya pun sangat nyaman dengan cuaca yang tak terlalu dingin kita bisa berlimpah air saking banyak nya air kadang2 sering masuk ke rumah(banjir.red)hehehe..tapi itu tidak semua nya lho beda dengan di negara lain yang ketika musim dingin akan menjadi sangat dingin bahkan temperaturnya bisa mencapai minus 20derajat celcius… bersyukurlah kalian tinggal di indonesia ini..negara dengan cuaca sepanjang musim yang paling ramah di dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s